Informasi seputar LibertyReserve yang tidak bisa diakses

Akibat dari pengalaman e-gold, Perusahaan LR (Liberty Reserve) menggunakan kantor pusat dan terdaftar di negara yang “tanpa hukum” yaitu Costa Rica, yang dimana di negara ini bentuk-bentuk yang seperti money laundry, perjudian, ataupun HYIP masih diperbolehkan dan tidak ada ketentuan hukumnya (bebas), sehingga bila terjadi hal yang buruk atau scam, maka Boss dari perusahaan yang scam di negara tersebut tetap bisa bebas melenggang kangkung dan tidak bisa dijerat hukum. (bisa dikatakan negara Costa Rica adalah surganya para Mafia dan Perdagangan Ilegal juga).

Beberapa orang mengatakan bahwa LR adalah untuk mempermudah transfer, tetapi media ini jelas melanggar hukum anti pencucian uang. Dan berikut adalah alasan bahwa LR adalah kurang kredibel dan bisa dibilang ilegal sebenarnya :

Liberty Reserve (LR) HANYA permainan angka saja atau seperti e-point.

Liberty Reserve tidak dibackup oleh uang yang sebenarnya (hanya bermain seperti angka point saja), hal ini dibuktikan bahwa penarikan uang di LR tidak bisa secara langsung , tetapi harus melalui seperti Exchanger/Perantara dahulu, dengan kurs harga ditentukan dari individu exchangernya sendiri. (Exchanger adalah bukan perusahaan milik Liberty Reserve, melainkan suatu individu bebas. Dan siapa saja bisa menjadi exchanger untuk penukaran point atau dollar LR tersebut).

Liberty Reserve terletak di negara Costa Rica yang boleh dikatakan negara BEBAS HUKUM. Dan hal ini jelas tidak aman (tidak ada perlindungan konsumen).

Pendirian badan usaha Liberty Reserve mungkin legal di negara terdaftarnya yaitu Costa Rica, tetapi cara kerja Liberty Reserve yang melanggar hukum anti money laundry itulah yang membuat LR bisa dikatakan ilegal dan tidak aman.

Pendaftaran di Liberty Reserve tidak memerlukan verifikasi dokumen identitas, dan jelas hal ini bisa dimanfaatkan untuk penyamaran ataupun hacker. Hal ini jelas melanggar hukum anti pencucian uang, karena asal usul tidak jelas dan tersamar. (anda bisa membuat account di LR dengan nama sembarangan dan tanpa diverifikasi)

Harga uang di LR tidak ada acuan sentralnya, dan kurs tergantung suka-suka penukarnya / exchangernya yang saat ini berpedoman pada perkiraan harga USDollar.

Bila terdapat pesaing LR yang lebih unggul di kedepannya, maka kurs LR rentan untuk jatuh atau digoreng (seperti kasus e-gold dulu), dan uang anda disana bisa menjadi kecil nilainya bahkan tidak bernilai lagi. Karena penetapan kurs LR adalah tergantung “suka-suka” exchangernya pula.

Liberty Reserve (LR) rentan terhadap pencurian/pembobolan , dan konsumen tidak bisa klaim bila terjadi masalah.

Sebenarnya penggunaan LR (liberty reserve) juga tidak terlalu mudah dan lebih mahal pula sebenarnya, karena memerlukan beberapa langkah untuk menukarkannya ke uang cash (harus melalui pihak-pihak orang perantaranya dahulu / Pihak ke 3 lagi). Selain itu perbedaan kurs jual dan belinya (spread) kalau dihitung-hitung juga sangat lebar dan melebihi spread di bank / pasaran pada umumnya. (spread kurs harga di LR ini lebih mahal kalau kita bandingkan dengan kurs di bank pada umumnya).

Hal-Hal diatas lah yang mendasari tidak bisa diaksesnya situs LibertyReserve sekarang ini, semoga semua ini hanya sementara saja. Atau pun kalau memang ditutup permanen masih ada beberapa payment processor lain yang cukup baik.

Related Articles

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Print Friendly, PDF & Email


Terima kasih telah berkunjung ke sini, saya sangat menghargai apabila anda meninggalkan komentar atau follow twitter saya @dewazildjian

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Comment

 

— required *

— required *