Cara Setting VoIP Rakyat di Smartphone atau Desktop Application

Setelah kita tahu apa itu VoIP dan VoIP Rakyat sebagai penyedia layanan VoIP di Indonesia sekarang saya akan sajikan bagaimana menggunakan layanan ini untuk dapat di gunakan di smartphone atau desktop application.
Pertama-tama yang harus dipersiapkan adalah account voiprakyat, berikut tahapannya

1. Anda bisa mendapatkan sebuah account voiprakyat dengan daftar melalui alamat http://webpanel.voiprakyat.or.id/register

2. Lalu anda isikan nama depan, nama belakang, email, username (untuk digunakan sebagai login) dan password.

Spoiler Inside SelectShow

3. Setelah itu masuk ke kotak masuk email yang anda daftarkan lalu cari email dari voiprakyat yang berisi informasi account voip rakyat serta konfirmasi email, silahkan copy dan paste alamat konfirmasi ke dalam browser anda.

4. Setelah itu login dengan menggunakan username dan password yang telah anda buat,

Spoiler Inside SelectShow

5. selanjutnya masuk ke halaman profil untuk merubah password SIP yang pernah diberikan ke email di halaman http://webpanel.voiprakyat.or.id/user karena password SIP yang di berikan berupa karakter yang sulit untuk diingat.

Spoiler Inside SelectShow

6. Selanjunya kita lihat nomor VoIP rakyat kita ada di halaman ini http://webpanel.voiprakyat.or.id/phone_number 

Spoiler Inside SelectShow

Nomor VoIP rakyat saya adalah “76904” silahkan di add jika ingin di add.
Nah setelah memiliki sebuah account di voiprakyat sekarang tinggal integrasikan account VoIP kita ke perangkat PC atau smartphone.

Setting VoIP Rakyat Untuk PC

kita membutuhkan sebuah software client, banyak software serupa yang mendukung SIP untuk tutorial ini saya contohkan zoiper karena zoiper selain gratis, mudah digunakan dan mendukung beberapa platform. Ok langsung saja.
1.    Download aplikasi desktop sesuai OS anda disini http://www.zoiper.com/en/voip-softphone/download/zoiper3
2.    Instal pada perangkat desktop anda
3.    Isikan parameter seperti di gambar bawah ini :

Spoiler Inside SelectShow

4. Sekarang anda dapat add nomor VoIP Rakyat kawan anda

Spoiler Inside SelectShow

5. Setelah masuk phone book silahkan coba untuk bertelepon

Spoiler Inside SelectShow

Setting VoIP Rakyat untuk smartphone

Ada type smartphone yang mendukung internet call dan ada yang tidak mendukung internet call artinya untuk tipe smartphone ini anda perlu software tambahan, seperti yang saya sampaikan di atas saya mencontohkan menggunakan zoiper, karena zoiper mendukung 3 OS yaitu Android, iOS dan Windows Phone OS. Parameternya sama seperti setting di PC pada langkah diatas yang perlu dipersiapkan adalah Nomor VoIP Rakyat, Password dan Domain VoIP Rakyat. Pada langkah ini saya tidak menyertakan gambar karena settingannya hampir sama dengan di PC.

Bagi smartphone yang mendukung internet call seperti xiaomi tidak perlu aplikasi pihak ketiga seperti zoiper namun dapat di setting langsung pada devicenya, Parameternya sama seperti setting di PC pada langkah diatas yang perlu dipersiapkan adalah Nomor VoIP Rakyat, Password dan Domain VoIP Rakyat. Pada langkah ini saya tidak menyertakan gambar karena settingannya hampir sama dengan di PC.

Bagi yang kesulitan dalam penerapannya dapat berkonsultasi melalui halaman komentar di bawah, terima kasih

Related Articles

Post Footer automatically generated by Add Post Footer Plugin for wordpress.

Print Friendly
Silahkan berbagi ...Share on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on FacebookPrint this page


Terima kasih telah berkunjung ke sini, saya sangat menghargai apabila anda meninggalkan komentar atau follow twitter saya @dewazildjian

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Comment

 

— required *

— required *